Gunung Ijen atau Kawah Ijen

Hari minggu di minggu yang lalu eh ribet banget ya.ok. Biar gue ulang openingnya.

Seminggu yang lalu tepatnya di Hari Minggu, Gue berangkat dari Jakarta ke Banyuwangi. Seperti biasa trip ini di rancang mendadak seminggu sebelum berangkat hahaa. Kok gak sekalian aja H-1 sebelum berangkat? Yahh itu gilaaa namanya . Kenapa gue bilang mendadak ya karena awalnya lagi ngumpul-ngumpul gue punya usul buat jalan ke Banyuwangi dan temen-temen gue akhirnya mau. Berawal dari ngumpul itu lah kita mulai booking tiket dan hotel di Banyuwangi dengan harga yang murah tapi nyaman.

Trip ini kalo boleh di bilang paket hampir komplit? Iya "Hampir Komplit" karena gue berangkat dari Jakarta - Banyuwangi menggunakan " Bus" iyaap hampir sehari penuh gue di dalem bus. Tidur dan makan semua dalem Bus. Gue gak saranin sih naik bus kalo lo pengen liburan tapi jatah cuti lo masih dikit hahaaa. Iyaa jelas makan waktu banyak kalo naik Bus eh bukan berarti cuti gue banyak ya jelas dikit hahaa tapi karena gue pake perhitungan yaa cukup lah liburan naik Bus (Murah juga soalnya).

Setelah itu trip di lanjutkan lagi dari Banyuwangi - Surabaya dengan Kereta dan terakhir dari Surabaya - Jakarta menggunakan Pesawat. Sudah bisa di bilang paket hampir komplit kan? iyaa donggg kurang jalur laut aja (kapal) hihi.

Lah gue cerita udah sampai ke Jakarta donggg. Di Banyuwangi cerita apa? Oke kita balik lagi ke Banyuwangi.

Tiba di Banyuwangi pada Hari Senin sore , kita langsung menuju Homestay. Oh ya btw kita gak ikut Opentrip yaah cuma jalan aja sendiri selagi ada maps dan tujuannya jelas gak usah takut kesasar kok.
Lagi pula kalo lo mau kemana - mana bisa pakai ojek Online di Banyuwangi udah banyak kok tapi gue saranin kalo lo mau ke tempat wisata lebih baik sewa mobil dan supirnya kayak yang gue dan kawan-kawan lakuin.

D'Green Homestay

Nah setiba di Homestay kita langsung istirahat btw kalo lo mau nyari homestay murah dan nyaman di Banyuwangi D'green ini cocok banget. Harga permalemnya kurang lebih 170K tapi kalo lo jalan-jalan bareng keluarga lo menurut gue sih agak kurang cocok tapi oke banget lah kalo lo jalan sama temen-temen atau pacar (yang penting jangan satu kamar) hhahaa.

Setelah isya kita langsung siap-siap berangkat ke Gunung atau Kawah Ijen. Tapi ada masalah sedikit mobil rental yang udah gue booking ternyata belum ada kabar sampai jam 8 an padahal mereka bilang "ok " dan panik lah di saat itu. Nahh ini tipsnya lo harus manfaatin media sosial contohnya instagram dan lo bisa cari rental mobil terdekat di Banyuwangi tapi jangan dp apapun dulu biar bayar ots aja.

Ada yang masih bingung gak sebenarnya Ijen itu Gunung atau Kawah?

Iyappp sampai saat ini Ijen bisa di sebut Gunung Ijen. Iya Gunung berapi yang masih aktif terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso. Gunung Ijen ini memiliki ketinggian 2.779 Mdpl. Terus kenapa banyak orang bilang Kawah Ijen ? Yapp karena Gunung Ijen selain terkenal dengan keIndahan puncaknya . Gunung Ijen juga terkenal dengan ke Indahan Kawahnya.

Ada yang tau apa lagi yang terkenal dari Gunung Ijen selain Kawah dan pemandangan puncaknya?

Iyappp selain itu ada Blue Fire yang cuma ada 2 di Dunia selain di Islandia. Nah selain itu ada lagi nih di Gunung Ijen banyak penambang blerang.

Oke , Sebelum kita berangkat ke Gunung Ijen gue mau ngasih kalian tips berdasarkan pengalaman gue ya. Kalo salah ya mohon maaap nich hhihi.

Tips pertama , Kalo lo mau liat bluefire gue saranin kalian siapin masker atau buff di double karena Blerang yang ada di Gunung Ijen sangat amat menyengat sekali.

Tips kedua, Bawa Jaket yang tebal dan sarung tangan karena di sana selain dingin dan anginnya kencang banget.

Tips ketiga, Siapin lampu senter dari rumah atau kalian bisa beli sekitar Gunung Ijen.

Tips Keempat, Jangan sampai salah pakai sepatu ya ( Jangan yang licin atau Jangan pakai sepatu buat ke Mall) hihi minimal sepatu jogging aja.

Tips Terakhir, Jaga kondisi tubuh ya . Karena kan lo mau naik gunung.

Tips - tipsnya itu aja ya, Oke lanjut perjalanan ke Kawah Ijen ehhhh.. Gunung Ijen.

 Ngopi /Ngusu dulu

Setibanya di Kawasan Gunung Ijen tepat pada pukul 9 malem, gue dan kawan-kawan beristirahat dan ngopi-ngopi di warung dekat pintu masuk.Oh ya kita baru bisa naik ke Gunung Ijen jam 1 malem makanya tadi gue ngasih tips harus bawa senter karena kita bakal jalan ke atas Gunung malem-malem.

Kalau buat ngecamp cocok gak sih di Gunung Ijen?  

Setau gue sih gak boleh ngecamp ya emang karena anginnya gede banget atau asep blerang kali ya. 

Setelah beristirahat gue dan kawan-kawan , bersiap naik tapi sebelum itu ada loket tiket yang harus kalian bayar kalo gak salah harganya 10-20rb per Orang. Nah Gunung Ijen ini kata kebanyakan orang cocok banget buat pendaki pemula atau yang baru pertama kali naik gunung.

Jalannya gak ekstrim banget kok, udah gitu banyak warung di setiap POS penanjakan di Gunung Ijen ada yang jual kopi , teh atau Indomie. Setelah perjalanan kurang lebih 20menitan gue tiba di POS1 yauda langsung istirahat dan ngeteh bentar perjalanan di tempuh kurang lebih 1,5-2 Jam ke Puncak.

Nah ini, yang bikin gue seneng kalo jalan-jalan ke tempat wisata Indonesia . Kalo semakin banyak bule atau wisatawan asing itu menandakan wisata ini sudah terkenal di Dunia. Yaiyalaaah pasti ada Blue Firenyaa gituuuuuloh.

Setibanya diatas gue langsung turun menuju ngejar Blue Fire, dan sumpaaahhhhh turun tebing yang lumayan terjal cuyyyy. Dan sepatu gue licin nahh ini tips yang tadi gue bilang sepatu lo jangan sampai licin soalnya bakal banyak nginjek batu-batu yang licin. Ohya, jalannya jangan sampai salah pilih ya soalnya terjal banget lo bisa bayangin lah kalo salah pilih jalan.

Di Bluefire ini gue gak sempet foto-foto ya karena emang asap dari Blerangnya kerasa bangettttt. sekitar jam 2 Bluefire sedikit-sedikit terlihat dari luar. Kalo lo mau ngeliat lebih deket dan indah lo harus turun lebih jauhhh lagi dan blerangnyaaaa lo bisa bayangin kaya apa. Berhubung gue gak mau maksain diri takut pingsan jadi gue lebih milih liat bluefire dari kejauhan.

 Pagi Hari.
Sekitar pukul 5 subuh matahari sedikit-sedikit mulai nampak dari kejauhan. Ini yang gue sukaaa indah bangetttt cuyy. Nikmatin matahari terbit dari puncak Gunung Ijen kalo lo mau liat matahari terbit kayak gini di Bluefirenya jangan lama - lama ya daripada pingsan disana :p whehee.

Eheeemmm mohon izin temen-temen .Bentar ya mau pamer foto-foto di puncak Ijen dulu ya :p.

Menjelang Pagi Hari.
 Kawah Ijen

Gimana - gimana fotonya? keren kan pemandangannya. Ohya btw, kalo lo mau foto disini harus nanjak lagi sedikit ya soalnya beberapa kawasan di Puncak Ijen udah di pagerin dan udah lumayan banyak bangunan kaya toilet gitu.

Bisa gak sih turun ke Kawahnya?

Setau gue sih bisa - bisa aja , karena di Instagram sendiri udah banyak orang-orang yang foto di kawahnya. Ya cumaa itu semakin kebawah asap blerangnya semakin kerasa jadi hati-hati dan jangan maksain yang menyelakakan diri sendiri.

Gunung Ijen gak cuma kawahnya yang keren waktu di foto lohhh tapi ada spot foto kayak gini ini.


 Foto ala -ala bersyukur

Spot ini adanya di belakang POS puncak Gunung Ijen, Selalu bersyukur dalam trip ke Gunung Ijen ini karena cuacanya lagi bersahabat dan gak banyak kabut yang nutupin kawahnya.

Kalo kata kebanyakan orang yang penting kalo ke Gunung " Jangan pernah ada doa mantan " hihiii kalo doa yang baik baik gapapaaa sih.

Setelah puas foto-foto gue dan kawan-kawan turun dari Gunung Ijen dan menuju ke Hotel untuk istirahat.

Cuyyyyy.. kalo lo ke Banyuwangi jangan cumaaa ke Gunung Ijen dalam sehari lo bisa ke tempat wisata kece lain lohhhh . Iya karena Banyuwangi gak cuma terkenal sama Gunung Ijen tapi juga......

Yappp. Taman Nasional Baluran.

Cerita selama gue ke Taman Nasional Baluran bakal gue ceritain setelah ini, 
Karena ada cerita " SI MONYET YANG MENYEBALKAN" HAHAAAA (Ketawa Jahat). 

Okey, seperti biasa! 


Semoga kalian bisa kesini,
Jalan Bareng dan Jangan Lupa Pulang! 


Salam Bebas,

Gue Aldy,













Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Posting Komentar

GUE ALDY INI CERITA GUE